Human Rights Education project is a non-profit organization that encourages grassroots non-governmental organizations to participate in the movement for educating the public about human rights. Organizations do this simply and without cost by adopting a human rights quotation and adding it to their website, letterhead, and brochures. The website contains all necessary information; specialists are available online to assist you.
Human Rights Education in One Line
Halaman Depan Tentang Proyek Bagaimana Cara Berperan Serta Sumber Informasi Kontak


Pendahuluan

Latar Belakang

Proyek Ini Lebih Rinci

Dewan Penasehat


Latar Belkang

Pendidikan HAM semakin diakui sebagai komponen penting dalam promosi dan perlindungan HAM di dunia. Proyek Pendidikan HAM memberikan kemampuan kepada organisasi-organisasi di akar rumput untuk mencantumkan satu dari sekian pesan tentang dasar universal hak-hak azasi manusia di materi cetakan yang mereka sebarkan kepada anggota atau mitra kerja mereka, di website mereka, dan di tempat lainnya. Daripada tergantung pada pemerintah dan lembaga-lembag pendidikan mapan untuk memberikan pendidikan kepada rakyat tentang hak-hak mereka, Proyek ini memfasilitasi sumberdaya komunikasi yang telah dilakukan oleh masyarakat madani untuk meluaskan informasi HAM.

SIAPA YANG MEMBERIKAN PENDIDIKAN TENTANG HAM?
Semua pemerintah berjanji untuk mendidik masyarakatnya tentang HAM. Sekolah dan kampus-kampus universitas telah memperlihat komitmennya untuk mendidik murid dan mahasiswanya tentang HAM. Proses pendidikan formal seperti ini bergerak sangat lamban. Sekarang, untuk mengairahkan dorongan terhadap pendidikan tentang HAM, Proyek Pendidikan HAM berbicara secara langsung sebagai ORNOP ke berbagai organisasi non-pemerintah lainnya, mengajak mereka bekerjasama untuk pendidikan HAM yang lebih luas di tingkat akar rumput.

Berbagai bentuk organisasi dalam masyarakat madani punya posisi netral untuk membawa pesan-pesan HAM sementara pada waktu yang bersamaan menyampaikan pesan-pesan organisasi mereka sendiri.

BEBERAPA CONTOH
Implementasi dari Proyek Pendidikan HAM sangat sederhana dan tanpa berbelit-belit. Organisasi memilih kutipan HAM yang relevan dengan misi organisasi mereka, dan menyertakannya dalam materi publikasi cetakan mereka. Ketika ORNOP menyiapkan publikasi mereka yang terbaru, memperbaharui website mereka, menyebarkan bahan-bahan tertulis untuk menggalang dana, dan mendistribusikan brosur yang menyantumkan kutipan HAM ini, tindakan ini merupakan upaya sadar untuk menguatkan proteksi dan promosi hak azasi manusia.

Setiap organisasi masing-masing memilih sendiri kutipan HAM mana yang paling tepat dan sesuai dengan tujuan organisasinya. Organisasi yang berperan serta dalam Proyek tanpa perlu membayar ini bila ingin berkonsultasi tentang kutipan apa yang sesuai, dari sekian banyak kutipan HAM yang ada, disarankan untuk bertanya pada pendidik HAM di Proyek ini untuk membantu menyeleksi kutipan-kutipan yang tepat untuk mereka.

Setiap organisasi memilih kutipan yang sesuai yang bersumber dari berbagai konvensi internasional tentang hak azasi manusia yang telah ada. Ketika mereka menyebarkan informasi ini, mereka memenuhi anjuran yang dibuat pada dasarnya oleh hampir semua negara dan oleh PBB yaitu untuk mendukung dan menyebarkan pendidikan tentang hak azasi manusia.

IMPLEMENTASI
Implementasi dari Proyek Pendidikan HAM ini jelas and langsung. Organisasi memilih kutipan yang relevan dengan misi mereka dari berbagai dokumen hak azasi manusia dan memasukkannya ke dalam materi cetakan mereka (seperti misalnya kop surat, pamflet, bahan-bahan penggalangan dana, T-shirt, webiste, dll). Kalau mereka punya pertanyaan tentang kutipan mana yang paling tepat untuk dipilih, organisasi dapat memanfaatkan pengetahuan dari para pendidik profesional tentang HAM dalam menseleksi kutipan. Dengan mempublikasikan kutipan HAM ini, organisasi membawa lembaganya untuk lebih dekat berhubungan dengan jaringan internasional dari organisasi-organisasi HAM dan, yang paling penting, mendidik dan memberikan inspirasi kepada masyarakat yang mereka layani dengan pengetahuan tentang hak-hak mereka di dalam undang-undang.

Mengapa Proyek ini bekerja sama dengan organisasi-organisasi lain?

Berbagai organisasi di akar rumput telah tumbuh sangat menonjol diseluruh dunia dalam berbagai hal pada tingkat lokal, regional, nasional dan internasional. Mereka di lihat mewakili suara dari seluruh lapisan masyarakat yang kepentingannya tanpa itu tidak akan terdengar. Hubungan yang organisasi ini telah bangun dengan masyarakat lokal menjadikan mereka sebagai sarana ideal untuk pendidikan HAM.

Tujuan dasar dari Proyek ini adalah untuk memfasilitasi organisasi di akar rumput, beberapa diantaranya adalah organisasi HAM tapi kebanyakan tidak, ke posisi dimana mereka dapat dengan mudah mendidik mitra kerja mereka tentang hak-haknya.

  • Kata Terakhir:
    Ada sangat banyak organisasi akar rumput di banyak tempat di dunia, dimulai dari lokasi dimana anda berada
  • Organisasi akar rumput berada pada posisi yang paling baik untuk mengkomunikasikan informasi tentang hak azasi manusia kepada para anggota mereka dan masyarakat secara luas
  • Organisasi akar rumput sangat dekat dengan anggota-anggota mereka, mungkin lebih dari kebanyakan sekolah-sekolah, pemerintah, dan institusi lainnya.
  • Anggota cenderung memperhatikan lebih seksama berita-berita yang berasal dari organisasi mereka sendiri
  • Organisasi akar rumput meningkatkan kedudukan mereka ketika mereka menjadi bagian dari gelombang global untuk hak azasi manusia
  • Dan yang terakhir: Sudah waktunya untuk organisasi akar rumput mengembangkan potensi mereka untuk membuat hak azasi manusia menjadi pusat dalam kehidupan sehari-hari di akar rumput.

 

The Fund for Peace website

Text-only version (all other languages)

Download the HRE flyer

 

Project Human Rights Education is a project of The Fund for Peace, a non-profitorganization based in Washington, D.C. The Fund for Peace works to prevent war and alleviate the conditions that cause war.